UJI KOMPETENSI KEJURUAN (UKK) MELALUI LEMBAGA SERTIFIKASI PROFESI (LSP)

    Dibaca 302 kali

Kelas XII SMK KORPRI Majalengka Mengikuti Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Senin (04-03-2024) peserta didik kelas XII (dua belas) di lima kompetensi keahlian yakni Teknik Pemesinan, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif,Teknik Bisnis Sepeda Motor,Teknik Komputer dan Jaringan dan Rekayasa Perangkat Lunak mengikuti rangkaian ujian akhir berupa Uji Kompetensi Keahlian (UKK). Kegiatan UKK berlangsung selama lima hari mulai Senin sampai Jum'at (04 sampai 08 Maret 2024) dimana setiap harinya dimulai pukul 07.30 WIB sampai pukul 16.00 WIB.

Pelaksanaan UKK ini mengacu pada Pedoman Penyelenggaraan UKK pada SMK Tahun Pelajaran 2023 /2024. Untuk tahun ini ada tiga pola ujian yang dapat dipilih oleh satuan pendidikan, yaitu menggunakan LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi), Dunia Kerja/Asosiasi Profesi, dan Mandiri dengan melibatkan industri. SMK KORPRI Majalengka sendiri mulai tahun ini menyelenggarakan UKK menggunakan pola LSP dimana SMK KORPRI Majalengka telah memiliki ijin lisensi LSP-P1 dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi).

Kompetensi-kompetensi yang diujikan di dalam ujian LSP adalah kompetensi yang ada pada Skema Okupasi 2023 untuk Kompetensi keahlian Teknik Pemesinan,Teknik Kendaraan Ringan dan Rekayasa Perangkat Lunak sedangkan SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) untuk kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan & Teknik Bisnis Sepeda Motor yang merupakan acuan dalam standar kemampuan kerja yang meliputi aspek keterampilan, pengetahuan dan sikap kerja sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Dengan kata lain skema Okupasi 2023 dan SKKNI merupakan standar kompetensi tenaga kerja yang berlaku secara nasional di Indonesia. Keuntungan yang didapat dari UKK dengan pola LSP diantaranya bagi siswa yang dinyatakan kompeten oleh LSP maka akan mendapatkan sertifikat LSP yang dikeluarkan langsung oleh BNSP dan diakui juga oleh dunia kerja sesuai dengan bidangnya.

Sehingga pemegang sertifikat LSP akan memiliki kepercayaan diri yang tinggi karena dapat menunjukan kompetensi yang dimilikinya sehingga memiliki nilai jual yang tinggi dalam rekrutmen tenaga kerja.

 

 

Statistik Pengunjung

    Online:1
    Hari Ini:91
    Kemarin:172
    Bulan Ini:6300
    Tahun Ini:27140
    Total:111432

    MITRA

    whatsapp